Pemerintah sedang mengembangkan sistem untuk memblokir ponsel ilegal tahun ini

Published by admin on

<pre><pre>Pemerintah sedang mengembangkan sistem untuk memblokir ponsel ilegal tahun ini

Ikuti kami

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian (Kementerian Perindustrian) saat ini sedang mempersiapkan sistem untuk mengidentifikasi ponsel yang masuk secara ilegal di Indonesia, sistem ini disebut Identifikasi Perangkat, Pendaftaran, dan Sistem Pemblokiran (DIRBS) Cara sistem bekerja adalah dengan memvalidasi dan mengidentifikasi database dari nomor ponsel melalui IMEI.

Tulis artikel berbayar "width =" 728

Menurut informasi yang kami dapatkan dari CNBC, pemerintah melakukan ini untuk menekan dan memberantas peredaran ponsel ilegal di pasar untuk melindungi industri dan konsumen dari pasar gelap atau produk ilegal.

ilustrasi ponsel ilegal

Masih dari CNBC, mekanisme kerja dari Device Identification, Registration and Blocking System (DIRBS) masih sedang dipelajari, tetapi garis besarnya untuk saat ini adalah untuk memvalidasi nomor IMEI dari ponsel, kemudian memeriksa apakah ponsel terdaftar atau dalam kategori ilegal kata Direktur Industri Elektronik dan Telematika Kementerian Perindustrian, Sur Suryanto.

"Ada masa tenggang, sekarang saat mengganti ponsel baru, ponsel yang beredar sudah memiliki IMEI yang terdaftar di Kementerian Perindustrian," kata Janu kepada CNBC Indonesia, Kamis (27/6/2019) malam.

Sistem ini DIRBS dikatakan dapat menghilangkan setiap ponsel yang tidak terdaftar secara resmi di basis data Kementerian Perindustrian Indonesia, kemudian sistem ini akan bekerja sama dengan operator di Indonesia untuk mengidentifikasi IMEI di setiap ponsel, jika tidak terdaftar maka ponsel akan tidak dapat mengakses data seluler di Indonesia tetapi jika mereka lulus terdaftar, mereka masih akan dapat mengakses data di Indonesia.

Kebijakan ini direncanakan akan mulai diluncurkan pada 17 Agustus, dan sampai sekarang pemerintah dalam hal ini melalui Kementerian Perindustrian terus meninjau sistematika peraturan tersebut. Kebijakan IMEI ini direncanakan akan diatur melalui Peraturan Menteri Pertanian (Permen) yang akan dikeluarkan oleh tiga kementerian, yaitu, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Komunikasi dan Informasi yang akan bekerja sama dengan Qualcomm.

Jangan lupa membaca berita dan artikel menarik lainnya tentang teknologi dari Rizki

Categories: Game Terkini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *